Article

Only the latest news is businness industry

Manfaat ERP (Enterprise Resource Planning) Bagi Efektifitas Perusahaan

Persaingan global telah melahirkan standar kompetisi baru. Pada kondisi ini setiap perusahaan yang ingin tetap survive dan growth harus dapat menciptakan dan mempertahankan competitive advantage yang dimilikinya dengan terus-menerus meningkatkan daya saing. Persaingan bisnis yang semakin tinggi menuntut perusahaan untuk terus meningkatkan kinerja berbagai elemen di dalam organisasi/perusahaan (Suhendi, 2010).

Peningkatan kinerja perusahaan salah satunya dengan penerapan teknologi informasi dalam aktivitas perusahaan yang dapat meningkatkan keunggulan dan daya saing. Dalam rangka mewujudkan kehandalan informasi, perusahaan dapat menerapkan suatu sistem informasi yang dapat mengintegrasikan semua aktivitas dan fungsi yang ada di dalam perusahaan (Kurniawati & Permadi, 2011).

Salah satu sistem teknologi informasi yang digunakan adakah penggunaan Sistem ERP dimana tidak hanya perusahaan besar yang menggunakan ERP tetapi juga perusahaan yang berskala menengah telah mulai menerapkan sistem ERP karena jika implementasi ERP sukses maka manfaat yang dirasakan banyak sekali diantaranya :

1.      Peningkatan Efisiensi dan Produktivitas

Sistem ERP yang berjalan di perusahaan dapat meningkatkan efisiensi pada aktivitas rutin harian seperti pemesanan, pengiriman, kinerja pemasok, persediaan, pengaturan kas,aset dan perhitungan penjualan dengan waktu yang singkat. Dengan adanya sistem ERP, siklus waktu penjualan ke kas, pembayaran ke pemasok dan pengecekan persediaan barang akan dapat dipersingkat bahkan sekali klik

2.      Pembentukan Standarisasi Prosedur

Sistem ERP didasarkan pada proses praktik yang disesuaikan dengan standar yang ada atau fitur yang dikembangkan sesuai dengan pengalaman pengembang, Pekerjaan menjadi lebih terstruktur sehingga tidak tergantung pada individu atau pekerja tertentu saja, sehingga setiap proses di lapangan harus sesuai dengan prosedur yang ada di sistem ERP

 

3.               Akurasi data yang lebih baik

setiap data yang ada di dalam program yang di tampilkan semuanya berdasarkan data yang akurat, perhitungan sesuai dengan standar yang ada, sehingga pebisnis atau pengusaha dapat mengukur data dengan lebih baik dan tentunya lebih cepat dibandingkan dengan manual.

4.      Semua lini dalam perusahaan terintegrasi (Integration)

Sistem ERP terdiri dari berbagai modul dan sub-modul yang dapat mewakili bagian/komponen bisnis tertentu yang ada di suatu perusahaan. Ketika kita mengalami Kesulitan dalam mengakses data karena data tidak terkumpul dalam satu tempat. Sistem ERP dengan cloud system membantu Anda otomatisasi proses bisnis, mengatur aktivitas harian di setiap bagian sehingga dapat menjalankan alur kerja secara efektif, komunikasi yang terarah dan kolaborasi antara bagian menjadi lebih baik.

 

Banyaknya manfaat yang diberikan sistem ERP ini membuat anda dapat lebih mudah mengakses data dari manapun, meminimalkan waktu untuk menghitung keuntungan sampai laporan keuangan. BerkatERP adalah salah satu produk ERP yang mudah, berkualitas dan terjangkau harganya. Free Trial di link berikut.

87%

Please Wait...