Article

Only the latest news is businness industry

Ide Marketing Agar Bisnis Survive di Era New Normal

Wirausaha menjadi salah satu sektor yang terdampak akibat pandemi virus Corona jenis baru, COVID-19. Sehingga bagi pelaku usaha harus ekstra memutar otak agar bisnisnya tetep bisa bertahan di tengah pandemi. Memanfaatkan teknologi dan jeli melihat kesempatan adalah beberapa kunci agar bisnis bisa terus bertahan di era new normal. Ada beberapa strategi yang harus disiapkan pengusaha atau pelaku usaha untuk melanjutkan bisnisnya di tengah era new normal. Hal ini penting dilakukan agar bisnis bisa kembali berjalan dan bertahan. Jangan panik, berikut tips marketing yang bisa kamu gunakan untuk tetap menjalankan bisnis di era new normal:

  1. Tetap Terhubung dengan Pelanggan di Media Sosial

Dalam momen-momen kritis ini rasanya kita semua terkena dampak wabah virus corona. Toko-toko sepi, pusat perbelanjaan, bioskop, atau cafe-cafe kekurangan pengunjung karena semua masih mencari aman agar tidak terpapar virus corona. Sebelum kita terdampak secara langsung, tentu kita harus mengambil tindakan pencegahan. Waktu seperti ini adalah waktu yang tepat untuk benar-benar menunjukkan empati kepada orang lain dan membantu selagi kamu bisa. Kamu harus peka dan tidak terlalu memaksa dalam penjualan dengan melakukan hard selling, tetapi ini adalah peluang besar bagi brand kamu untuk menonjol dengan tetap aktif dan terhubung dengan audiences kamu di media sosial. Dengan banyaknya orang yang mengkarantina diri, penggunaan media sosial menjadi semakin aktif karena media sosial adalah salah satu cara untuk tetap terhubung dengan banyak orang meskipun kita tidak bisa meninggalkan rumah. Hal ini dapat menjadi potensi yang bisa bisnis kamu gunakan dengan berkontribusi memberikan layanan gratis selama periode tertentu (free trial), membantu orang-orang yang membutuhkan, atau memberikan konten positif yang bersifat memotivasi dan menghibur. Pastinya jangan lupa untuk promosikan perbuatan baik ini dengan media sosial untuk membantu membangun brand kamu.

  1. Rencanakan Strategi Pemasan yang Matang

Masa new normal ini membuat pemilik usaha bersaing lebih ketat lagi untuk memenangkan hati konsumen melalui produk dan jasa yang ditawarkan. Selain inovasi dan kualitas produk yang harus dijaga, strategi pemasaran yang matang menjadi kunci untuk menarik konsumen membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Kenali target konsumen dan kecenderungan mereka dalam melakukan pembelian. Dengan itu, pemilik usaha bisa menggunakan channel promosi yang tepat untuk menggaet konsumen.

  1. Beri Penawaran Khusus

Dalam periode dan kondisi new normal seperti ini, menarik pelanggan sebanyak mungkin adalah upaya yang bisa membantu bisnis kamu dalam kurva yang stabil. Ya, daya-beli saat ini sedang naik-turun, sehingga untuk bisa mendapatkan pemasukan dan menjaga pelanggan kamu adalah dengan menawarkan diskon khusus yang akan membantu pendapatan kamu terus mengalir. Tentukan produk yang paling diminati dan buat penawaran khusus, bisa untuk menjaring pelanggan baru, atau sebagai cara mempertahankan pelanggan untuk tetap melakukan pembelian. Kemas diskon secara menarik dan sampaikan kepada pelanggan kamu melalui media sosial atau channel lainnya.

  1. Pengelolaan Arus Kas

Pemilik usaha perlu melakukan penilaian untuk kondisi keuangan usaha saat ini. Lakukan review dan menetapkan skala prioritas untuk belanja modal dan operasional perusahaan penting dilakukan. Menyusun kembali proyeksi arus kas, minimal untuk 12 bulan ke depan, kemudian meninjau ulang dan mengawalnya dalam kurun mingguan agar memastikan arus kas dalam kondisi sehat.

  1. Beralih ke Digital

Dengan kondisi saat ini, kehadiran teknologi dan kanal digital akan membantu pemilik usaha untuk memperluas jangkauan pasar. Baik melalui pemanfaatan media sosial, marketplace, aplikasi pesan antar makanan dan lainnya akan memudahkan konsumen untuk menjangkau produk atau jasa yang dimiliki. Dengan banyaknya saluran penjualan ini, pastikan pembukuan di akhir bulan tetap sesuai.

Dengan mengaplikasikan strategi - strategi di atas, harapannya dapat membantu pemilik usaha menghadapi persaingan ketat di masa new normal ini. Selain melakukan perencanaan usaha yang matang, pengaplikasian teknologi menjadi krusial untuk membantu pemilik usaha mampu bersaing secara optimal. Sudah waktunya bagi pemilik usaha untuk menjadi bagian dari ekosistem digital ekonomi dan bertransformasi penuh dengan mengaplikasikan teknologi guna memaksimalkan operasional bisnis, sehingga pemilik usaha bisa mengambil keputusan bisnis yang strategis dan penuh kehati - hatian untuk mengupayakan manajemen keuangan usaha tetap sehat di masa krisis ini. Berkatsoft hadir untuk mengatasi masalah anda terkait kebutuhan teknologi atau sistem yang dibutuhkan untuk menunjang bisnis anda.

Sumber: economy.okezone.co

87%

Please Wait...