Article

Only the latest news is businness industry

Bahagia di Usia Tua, Bukan Hal mustahil ! Ikuti yuk Cara ini

Dilansir dari Grid.id yang memberitakan seorang nenek berusia 110 tahun masih berjualan kerupuk untuk menyambung hidup ini membuat kita semua terenyuh dan berpikir sejenak. Apakah nanti ketika di usia tua kita akan mengalami ini ? bagaimana usia tua yang akan kita hadapi ? apakah sulit atau mudah ? pertanyaan pertanyaan ini yang banyak muncul di benak kita semua mengenai akan menjadi apa kita di masa tua.

Pada dasarnya kita sebagai anak muda pasti hanya berpikir tentang hari ini saja mulai dari waktu, financial, hiburan semuanya berfokus pada hari ini. Padahal salah satu yang paling penting dan yang tidak bisa diulangi lagi adalah masa sekarang untuk merencanakan masa depan khususnya di hari tua.

Harapan kita di usia tua kita pasti ingin bisa hidup bahagia, berkecukupan dan bisa mewariskan banyak hal untuk keturunan kita baik ilmu ataupun materi. Maka akan ada pertanyaan Bagaimana sih kita mempersiapan finansial kita agar dapat bahagia di hari tua? Sebagai langkah awal, tuliskan terlebih dahulu rancangan atau keinginan kita ketika memasuki hari tua. Rencanakan pula bagaimana mengatur financial pada usia muda sampai usia tua

Yuk ikuti langkah – langkah ini :

1. Tentukan Prioritas

Atur financial anda dengan lebih cermat. Perhatikan kebutuhan yang prioritas dan yang bukan, jangan membeli barang dari yang di suka saja tidak melihat apakah barang ini bermanfaat atau tidak untuk anda. Kesalahan dalam menentukan hal ini berimbas kepada keuangan anda yang menjadi tidak terkendali sehingga pendapatan sekarang bisa saja habis tanpa sisa. Menakutkan bukan ??

2. Menabung dengan teratur

Kata menabung ini sudah seperti hal yang biasa saja diucapkan mulai dari kita kecil sampai sekarang. Namun kata ajaib ini pasti sangat sulit dilakukan apalagi dengan konsistensi yang tetap.  Buatlah target menabung dalam sebulan yang target itu harus kita komitmenkan di dalam diri. Harus dimulai dari hari ini bukan besok atau bulan depan.

3. Buat bisnis diluar pekerjaan Pokok

Anda jangan puas hanya dengan pendapatan hari ini, mulaikan berbisnis salah satunya dengan membuat kontrakan, kos kosan, bisnis property yang akan menghasilkan tanpa kita harus berperan aktif dalam kegiatan tersebut (passive income).  Passive income ini sangat bermanfaat ketika kita di masa pensiun atau tua.

4. Hitung kebutuhan di waktu pensiun

Cara menghitung kebutuhan Anda saat pension ialah dengan mempertimbangkan berapa pengeluaran bulanan Anda saat ini dan berapa nilai uang tersebut saat usia tua. Jika angkanya sudah ketemu, maka sekarang Anda perlu memperkirakan periode usia pensiun, dimulai dari saat Anda memasuki usia pensiun hingga tutup usia. Jika rata-rata orang memasuki usia pensiun 55 tahun dan angka harapan hidup orang Indonesia yang sekitar 70 tahun, maka periode usia pensiunnya sekitar 15 tahun. Lalu, kalikan pengeluaran bulanan dengan 12 bulan, kemudian kalikan lagi dengan 15 tahun.

Upayakan sejak Sekarang

Dalam mengelola keuangan, seringkali kita terlena dan melupakan betapa pentingnya mengelola keuangan untuk masa depan. Ubahlah berbagai kebiasaan tersebut, sebab hal ini akan mempengaruhi kesejahteraan masa tua nanti. Pahami dan terapkan beberapa nasihat keuangan yang tepat, agar keuangan berjalan dengan baik, termasuk untuk keuangan di masa tua nanti.

87%

Please Wait...